Cara Agar Komputer Terhindar dari Virus/Malware


BLOG KOMPUTER - Halo Sobat Blog Komputer? Kali ini saya akan memberikan tips yang mungkin sangat bermanfaat untuk kalian.


Siapa sih yang tidak mengenal kata Virus pada komputer atau laptop? Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. [wikipedia]

Virus komputer ini juga dapat membuat kinerja komputer/laptop melemah, lambat, dan dapat merusak komputer itu sendiri. Siapa juga sih yang ingin komputernya kaya gitu kan? Pasti kalian juga pernah mengalami hal yang seperti itu.

Nah kali ini Blog Komputer akan sedikit memberikan tips Cara Agar Komputer Terhindar dari Virus/Malware.



1. Mengetahui Media Penyebaran Utama

Pertama, Kalian harus mengetahui media penyebarannya. Setidaknya Kalian mengetahui media-media penyebarannya agar dapat mencegah Virus/Malware masuk ke dalam Komputer/laptop sobat.

Yang pertama, Internet. Siapa sih yang tidak mengenal Internet di zaman yang serba modern ini dengan teknologi-teknologinya yang canggih? Pasti semua juga sudah tahu. Saat browsing ataupun mendownload sebuah file (musik, video, zip/rar, dll) di Internet. Kemungkinan besar Virus/Malware akan tersembunyi dalam file-file itu. Atau mungkin saja website juga bisa berpengaruh (oleh orang yang tidak bertanggung jawab). Dan semua data-data yang terdapat dalam website tersebut akan masuk ke dalam komputer melalui jaringan internet.

Solusi: Downloadlah file-file dari website yang sangat terpercaya.

Yang kedua, dari media-media penyimpanan seperti Flashdisk, Memory Card, dan semacamnya. Misalnya, anda telah mentransfer file melalui Flashdisk di komputer teman sobat yang telah terinfeksi virus. Alhasil, virus-virus yang ada di dalam komputer teman sobat akan ikut terbawa ke dalam Flashdisk.

Solusi: Install-lah aplikasi Antivirus terpercaya. 

2. Install Aplikasi Anti Virus

Install-lah Aplikasi Anti virus di komputer sobat agar komputer sobat aman dari virus. Jika ingin lebih efektif, install dua anti virus sekaligus. Yang pertama anti virus lokal dan yang kedua internasional.

Jika sobat ingin tahu tentang aplikasi antivirus lokal dan internasional, Blog Komputer akan memberikan artikelnya disini:

3. Rajin-Rajinlah Scan Media Penyimpanan

Media penyimpanan sering sekali terinfeksi virus. Maka dari itu, sering-seringlah untuk scan media penyimpanan serutin mungkin agar tidak ada virus yang tersembunyi di dalam media penyimpanan sobat. 

Caranya? Seperti saya sebutkan di atas. Pakai antivirus yang terpercaya.

4. Jangan pinjamkan Laptop/Komputer ke Sembarang Orang

Bukannya saya mengajarkan sobat untuk pelit, tapi ini untuk kepentingan sobat semua. Kenapa? Karena jika sobat meminjamkan Laptop/Komputer ke sembarang orang, termasuk teman-teman sobat (yang tidak paham dengan komputer) maka lebih baik jangan dipinjamkan! Boleh saja dipinjamkan jika, sobat ikut menemani teman sobat yang meminjam agar lebih tahu apa yang dia lakukan.

Jika tidak? Ya kemungkinan teman-teman sobat asal saja memakai laptop, colok-colok USB/Flashdisk, Internetan atau yang lainnya yang dia pun tidak tahu menahu soal virus.

Jika sudah terinfeksi virus siapa coba yang rugi? Sobat sendiri kan? Maka dari itu, hati-hatilah dalam meminjamkan komputer/Laptop sobat ke orang lain.


Nah, sekian dulu tips dari Blog Komputer. Semoga Artikel ini sangat bermanfaat untuk sobat semuanya.
Tunggu Artikel selanjutnya!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 05:26:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.