Perbedaan serta Kelebihan dan Kekurangan Windows 32 Bit dan 64 Bit



BLOG KOMPUTER - Semua orang tentunya sudah mengenal apa itu Komputer, Laptop, ataupun Notebook. Tetapi kebanyakan orang tidak tahu atau tidak mengenal istilah apa itu 32 bit dan 64 bit? 32 Bit dan 64 bit ini selalu ada pada setiap PC/Laptop dengan OS Windows. Maka dari itu, saya akan membahas sedikit tentang Perbedaan serta Kelebihan dan Kekurangan Windows 32 Bit dan 64 Bit.

Apa itu 32 Bit dan 64 Bit dan Perbedaannya?

Didalam sebuah prosesor terdapat sebuah penyimpanan data sementara yang disebut, Register. Register berguna untuk mempercepat proses eksekusi suatu informasi. Bit mengacu pada sebuah register, sehingga 64 Bit dapat menyimpan sebuah data yang lebih banyak dari pada 32 Bit sendiri. 32 Bit hanya dapat 32 digit. Besarnya lebar penyimpanan ini dapat berpengaruh pada pemanfaatan memori (RAM).

Sebuah CPU dengan register 32 Bit memiliki 2 pangkat 32 alamat dalam register, sehingga memori yang dapat diakses hanya terbatas sampai 4 Gb RAM. Dan untuk 64 Bit bekerja dengan kapasitas memori hingga 17 juta Gb, dan mampu menangani tugas hingga dua kali lebih cepat.

Dan 32 Bit ini hanya cocok dengan PC/Laptop yang lama atau lawas, tidak seperti 64 Bit. Kebanyakan Laptop versi terbaru ini banyak sekali yang menggunakan 64 bit. Tidak tanggung-tanggung, kecepatan Laptop sekarang lebih cepat dibandingkan Laptop versi terdahulu.

Cara untuk mengetahui Informasi Prosessor 32 Bit dan 64 Bit

Jika sobat menggunakan Windows 7, sobat bisa melihatnya dengan klik kanan pada My Computer pada Desktop ataupun Menu Start. Lalu pilihlah Properties, dan jendela barupun akan muncul. Disana akan terdapat berbagai Informasi yang digunakan oleh PC/Laptop sobat. Dan juga bisa melihat prosessor 64 Bit atau 32 Bit.

Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan pada 64 Bit adalah dapat memaksimalkan penggunaan memori. Maka besarnya penggunaan memori RAM yang terpasang dapat kita manfaatkan, dan pemrosesan data akan lebih cepat. Dan untuk kekurangan dari 64 Bit ini mungkin terletak pada kesulitan instalasi aplikasi yang belum support pada 64 Bit. Termasuk driver dan hardware lama yang hanya menyediakan untuk OS Windows versi 32 Bit.

Untuk kelebihan 32 Bit ini dapat menjalankan software atau aplikasi yang lawas, juga lebih kompatibel dengan driver yang lama. Dan tentunya dapat bekerja optimal dengan RAM 2 Gb. Dan untuk kekurangan dari 32 Bit sendiri yaitu, tidak akan bisa untuk menggunakan aplikasi yang berat-berat. Dan juga, 32 Bit ini hanya mengenali memori RAM sampai sebesar 4 Gb, walaupun RAM yang terinstall sebesar 8 Gb.

Pilih Windows 64 Bit atau 32 Bit?

Setelah mengetahui perbandingan diatas, tentunya sobat bisa menentukan pilihan untuk dengan mudah. Jika PC/Laptop sobat lawas, serta menggunakan RAM sebesar 4 Gb ataupun kurang, ataupun memiliki hardware versi lama dan lebih mengutamakan dukungan berbagai software yang lebih banyak, maka lebih baik pilihlah Windows 32 Bit.

Namun jika PC/Laptop sobat menggunakan RAM lebih dari 4 Gb dan memiliki hardware versi terbaru serta membutuhkan pemrosesan data secara cepat seperti pekerjaan rendering 3D atau sebagainya, maka 64 Bit-lah pilihannya.



Itulah beberapa perbandingan dan kelebihan dari sistem 32 Bit dan 64 Bit. Semoga sangat bermanfaat bagi sobat semua. Terimakasih.



Demo Blog NJW V2 Updated at: 03:42:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.