[Tips] Cara Aman Agar Akun Google Adsense Tidak Dibanned


BLOG KOMPUTER - Siapa sih yang tidak mengenal Google Adsense? Salah satu fitur yang dimiliki oleh Google. Melalui Google Adsense ini, semua orang bisa menghasilkan uang. Entah itu dari Blog maupun Youtube, melalui periklanan yang diberikan oleh pihak Google Adsense.


Mengapa akun Google Adsense bisa dibanned? Itu karena publisher atau pemilik akun tersebut telah melanggar kebijakan-kebijakan dari Google Adsense. Seperti apa? Tergantung dari tingkat kesalahan yang telah dilakukan. 

Pada dasarnya, pemasangan iklan pada situs yang menggunakan Google Adsense bersifat soft selling. Artinya, pengunjung situs diharapkan mengklik iklan berdasarkan ketertarikan mereka terhadap produk tersebut setelah membaca konten yang dimuat disitus penayangan iklan. 

Dan berikut ini adalah beberapa jenis Banned Google Adsense.

1. Banned Blog

Banned blog adalah iklan adsense yang tidak mau tampil pada blog tertentu. Banned yang seperti ini biasanya terjadi karena konten blog yang tidak sesuai dengan kebijakan dari Google Adsense. 

Dan untuk mengatasi banned pada blog, kita bisa memperbaiki isi konten yang dianggap melanggar dan mengajukan banding. Jika dianggap sudah bersih, Adsense akan menerima kembali blog tersebut untuk pemasangan iklan.

2. Banned Akun Adsense

Salah satu jenis banned ini adalah yang harus kita waspadai. Jika terjadi banned pada akun Adsense kita, tamatlah sudah riwayat Google Adsense kita. Banned pada akun Adsense, biasanya terjadi karena tidak mentaati dan melanggar kebijakan yang diberikan oleh Google Adsense. 

Lalu, apakah Google Adsense kita bisa kembali setelah dibanned? Jawabannya tidak akan bisa. Mengapa? Karena pihak Adsense tidak akan mempercayai kita lagi. Walaupun kalian melakukan pendaftaran kembali, Google Adsense akan mengetahuinya dan tidak akan diterima kembali.

Namun yang harus kalian ketahui jika tidak ingin akun Adsense kalian dibanned adalah mewaspadai hal-hal berikut ini.

Tips Aman Agar Akun Adsense Tidak Dibanned

Dibawah ini ada beberapa tips aman agar akun Adsense kita tidak dibanned dan harus diwaspadai oleh pemilik situs atau publisher adsense.

1. Jangan pernah klik iklan sendiri

Hindari untuk tidak mengklik iklan disitus sendiri. Google Adsense sudah kerap menemui hal yang semacam ini. Jadi hati-hati untuk kalian yang suka klik iklan sendiri, mulai sekarang berhentilah untuk mengklik iklan sendiri. Atau akibatnya Google adsense kalian akan dibanned secara permanen.

2. Hindari pemasangan iklan yang melebihi ketentuan

Ketika kalian mendapatkan jatah untuk memasang 3 unit iklan, jangan sekali-kali menambahkan lebih dari itu. Karena kebijakan Google Adsense hanya memberikan 3 unit iklan yang harus dipasang di situs kalian.

1 iklan di sidebar/header, dan 2 iklan didalam artikel. Untuk 2 iklan yang didalam artikel, kalian bisa menempatkan 1 iklan dibawah Judul postingan dan 1 iklan lagi diakhir atau ditengah-tengah postingan.

3. Pasang iklan secara natural

Pemasangan iklan pada template atau widget, jangan pernah sekali-kali untuk mengedit kode iklan yang didapatkan di akun Adsense.

Memang, kode iklan yang akan dipasangkan pada template berupa HTML tidak akan bisa disimpan. Salah satunya adalah dengan melakukan Parse kode iklan. Eits, jangan salah dulu! Parse kode iklan ini tidak akan berpengaruh pada kode iklan adsense yang kalian dapatkan. Dalam arti, memparse kode iklan ini agar bisa ditempatkan dan disimpan pada template blog kalian.

4. Jangan menggunakan pertukaran jasa traffic pengunjung

Ingin mendapatkan traffic tinggi dengan cepat? Banyak situs-situs jasa penukaran traffic pengunjung, tapi hal ini jangan sekali-kali kalian coba. Karena hal ini akan melanggar kebijakan Google Adsense. Karena Google Adsense memiliki sistem yang sangat canggih untuk mengetahui akun mana saja yang telah melanggar kebijakan dari google adsense.

5. Hindari pemasangan kata pada iklan adsense

Hal yang satu ini benar-benar harus kalian waspadai. Jangan pernah untuk memasang kata didekat atau pada iklan adsense seperti "Klik iklan ini!", "Klik untuk donasi", atau semacamnya. Hal ini bisa mengakibatkan dibannednya akun kita dari Google Adsense. Mengapa? Karena hal ini otomatis si pemilik situs untuk mengajak pengunjung mengklik iklan. Hal ini sangat dilarang oleh Adsense.

6. Jangan memasang iklan sticky atau lekat

Ketika halaman blog discroll keatas atau kebawah, otomatis iklan yang satu ini akan tetap ada dilayar dan akan tetap ikut scroll. Dalam artian lain adalah iklan Pop-up.

Hal ini juga dilarang. Mengapa? Karena dengan iklan pop-up atau sticky ini, otomatis si pemilik situs mengajak pengunjung untuk mengklik iklan tersebut sesuai poin pada no 5.

7. Memodifikasi iklan adsense

Memodifikasi iklan seperti mengganti warna, huruf, atau tampilan yang lainnya ini sangat dilarang. Pasanglah iklan apa adanya sesuai yang diberikan oleh Adsense. 

8. Berhati-hati saat membuat artikel

Sebelum kita menerbitkan artikel, sebaiknya kita pratinjau artikel tersebut lebih dulu. Apakah iklan adsense muncul atau tidak. Jika iklan adsense tidak muncul, sebaiknya periksa dulu kata-kata yang terdapat dalam artikel tersebut.

Kata-kata dengan bahasa yang ilegal atau kotor bisa memicu iklan adsense tidak muncul. Perbaikilah artikel tersebut.

9. Jangan meminta teman untuk klik iklan

Sesuai yang saya sebutkan diatas, jangan pernah sekali-kali untuk meminta teman mengklik iklan adsense kita. Ingat, Google adsense memiliki sistem yang sangat canggih dan bisa mengetahui hal-hal tersebut.

10. Jangan menggunakan artikel copy-paste

Apalagi yang satu ini, artikel dengan copy-paste akan melanggar kebijakan Google Adsense. Google Adsense sangat menyukai artikel original dari penulis atau pemilik situs.

11. Hindari membuat situs spam

Jangan pernah membuat situs spam atau direktori untuk memasang iklan adsense. Karena Google sering merazia situs-situs yang merugikan seperti ini.

12. Hindari penempatan Iklan yang berdekatan dengan gambar

Terakhir, jangan pernah menempatkan iklan sejajar atau berdempetan dengan iklan. Hal ini bisa membingungkan pengunjung, mana iklan, mana gambar. Sesuai yang disebutkan pada poin no 8, pratinjau terlebih dahulu artikel yang akan dibuat. Apakah berdekatan dengan gambar atau tidak. Jika berdekatan dengan gambar, perbaiki atau pindahkan atau bisa memisahkannya dengan kata-kata yang lain agar iklan dan gambar tidak saling berdekatan.


Nah, itulah beberapa hal yang harus diwaspadai agar akun Google Adsense tidak dibanned. Ingat, konten yang bermutu dan original atau menarik akan sangat banyak untuk mendapatkan pengunjung dengan traffic yang tinggi. Sekian dulu artikel saya kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 02:26:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.