[Tips] Cara Memilih Template Yang Baik untuk Blog


BLOG KOMPUTER - Template merupakan suatu tampilan dalam sebuah blog atau situs. Template atau tampilan pada blog tidak harus bagus. Yang terpenting adalah Fast Loading, SEO, dan tentunya Responsive.



Banyak situs-situs yang menyediakan template gratis, namun ada juga yang berbayar. Untuk kalian yang ingin mengganti template pada blog kalian, silahkan saja kalian ingin menggunakan template yang seperti apa. Namun, yang harus diketahui adalah kita harus mengetahui struktur template yang harus digunakan. Apakah SEO Friendly atau tidak. Karena tampilan yang SEO Friendly akan memudahkan dan menarik pengunjung pada blog kita. Tampilan SEO Friendly adalah tampilan yang sederhana namun berkualitas juga enak untuk dipandang dan sangat diminati oleh Google dan tentunya bagi para pengunjung.

Maka dari itu, sebelum memilih template, ada baiknya kalian melihat Tips Memilih Template Yang Baik untuk Blog dibawah ini.

Tips Memilih Template Yang Baik dan Benar

Kita harus memiliki template blog yang Responsive, Fast Loading, Clean dan User Friendly. Dan tentunya akan mengacu pada template yang SEO Friendly.

1. Responsive

Template yang Responsive adalah template yang bisa menyesuaikan dengan perangkat seluler. Artinya, ukuran template yang digunakan akan sesuai dengan resolusi ponsel yang digunakan saat membuka blog kita. Manfaatnya sangat besar, yaitu Google akan mengacu pada MobileGeddon, yaitu blog yang mobile friendly atau ramah pada penggunaan ponsel.

2. Fast Loading

Jika blog kita melakukan loading yang sangat lambat saat membuka artikel atau menu apa saja, itu akan mempengaruhi pada traffic pengunjung. Asal kalian tahu, para visitor atau pengunjung lebih menyukai blog yang Fast Loading dan tidak akan lama untuk menunggu. Kecepatan blog yang lambat, akan mempengaruhi blog kalian kedepannya. Jadi, pilihlah blog dengan loading yang cepat.

3. Clean dan User Friendly

Sederhana, bersih, dan minimalis akan sangat disukai oleh Google. Selain nyaman dan enak dipandang, template akan terlihat rapih dan tidak acak-acakan. Pengunjung pun akan lebih leluasa untuk memahami isi blog kita.


Lalu, bagaimana cara mengetahui Template yang Responsive, Fast Loadang, Clean dan User Friendly?

Caranya adalah dengan menggunakan TESTING TOOLS. Dan sebelum menentukan dan memilih template, sebaiknya lakukan testing tools terlebih dahulu demonya di beberapa situs blogging tools dibawah ini.


BACA JUGA:


1. Webmaster Structured Data Testing Tools

Kalian bisa cek melalui link ini: Webmaster Structured Data Testing Tools. Ini memudahkan untuk cek struktur data pada template dan mudah juga cepat terindex oleh Google ataupun mesin pencari lainnya. Jika terjadi error, maka perbaikilah struktur data tersebut. Dan jika tidak bisa menggantinya, lebih baik jangan memilih template yang terdapat error tersebut walaupun tampilannya sangat bagus.

2. Am I Responsive Design

Untuk menguji template yang akan digunakan itu mobile friendly, kalian bisa mengeceknya disini. Walaupun template yang akan digunakan tidak responsive, kalian bisa memilih tampilan mobile versi default blogger.

3. GT Metrix

Untuk melihat kecepatan loading pada template yang akan digunakan, kalian bisa cek disini. Standar minimal adalah 80% (B). Jika nilai A (90%), berarti bagus. Jika memiliki skor dengan kecepatan 80, lebih baik cari template yang lain.

4. CHKME

Untuk menguji template, apakah SEO atau tidak, kalian bisa cek disini. Sama seperti GT Metrix, nilai standar adalah 80. Disini akan ditampilkan elemen mana saja yang harus diperbaiki. Jika nilainya dibawah 80, perbaiki kesalahan tersebut sesuai saran CHKME. Jika tidak bisa untuk memperbaikinya, cari template yang lain saja.

5. Facebook Debugger

Copas link salah satu artikel di Facebook Debugger. Lihat, apakah Facebook Open Graph-nya sudah baik? Saat dishare, mestinya muncul gambar, judul, dan kutipan paragraf pertama (deskripsi posting).


Itulah beberapa Tips dan Cara untuk Memilih Template Yang Baik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kalian yang ingin mengganti template yang SEO Friendly.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:11:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.