Cara Scan dan Menghapus Virus Komputer Tanpa Antivirus


BLOG KOMPUTER - Dulu, penyebaran virus hanya dilakukan melalui flashdisk. Tetapi, sekarang virus komputer bisa tersebar dimana saja, dan lewat apa saja, terutama saat mendownload sebuah file di internet. Software antivirus memang harus wajib diinstal di setiap komputer/laptop. Namun, buat yang ingin scan tanpa antivirus juga bisa dilakukan.


Apalagi sekarang banyak terdapat website-website yang memberikan sebuah file downloadan, namun didalamnya terdapat sebuah virus atau trojan yang telah disembunyikan dari file tersebut. Maka dari itu, untuk menanggunlangi hal ini, kalian bisa mengatasi hal tersebut dibawah ini. Terutama bagi kalian yang tidak memiliki aplikasi antivirus di komputer/laptop kalian. Simak tipsnya berikut ini.

Cara Scan Virus Tanpa Antivirus

Cara scan virus di komputer tanpa antivirus ini bisa kalian lakukan browser. Caranya yaitu mengunjungi salah satu situs web terbaik untuk scan virus di komputer.

Dilansir dari TechViral, salah satu situs web terbaik adalah VirusTotal.com. Dengan situs tersebut, kalian bisa scan file, URL, atau bahkan website. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka www.virustotal.com dari browser komputer kalian.

2. Disana akan terdapat tiga pilihan. Kalian bisa memilih untuk scan file dengan mengupload file tersebut ke TotalVirus.com dengan kapasitas 128 Mb. Atau kalian bisa scan URL untuk memastikan tidak ada virus atau trojan didalam website tersebut.


BACA JUGA:


3. Klik Scan it!. Proses pun akan dimulai.

4. Dengan ini, kalian bisa mengetahui file yang ingin kalian download benar-benar aman atau tidak.


Kalian juga bisa memindai apapun menggunakan cara ini, terkhusus buat kamu yang tidak mempunyai antivirus di komputer/laptop kalian. Dan jika ingin mendownload sebuah file di website, kalian bisa scan terlebih dahulu dengan cara ini untuk mengetahui file yang berada pada website tersebut aman atau tidak. Semoga bermanfaat!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 05:18:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.