Ciri-Ciri Smartphone Android yang Telah di Hack


BLOG KOMPUTER - Istilah hacker ataupun cracker sering kita dengar di dunia komputer atau smartphone, terutama android. Banyak alasan untuk meretas atau hack smartphone android hanya untuk mengambil data-data ataupun semua informasi pribadi yang terdapat dalam smartphone android dengan sembunyi-sembunyi.


Teknik hacking yang dilakukan sekarang ini semakin rapi dan sulit untuk dilacak. Memasukkan virus atau malware pada aplikasi atau game yang terinstal pada smartphone android. Tentunya hal ini merupakan salah satu teknik yang dilakukan untuk meng-hack smartphone android. Tapi, pastinya semua tindakan yang dilakukan oleh manusia selalu memiliki celah tersendiri. 

Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, sobat harus mengetahui Ciri-Ciri Smartphone Android yang Telah di Hack oleh orang lain. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengetahui ciri-cirinya, simak aja ya?

Ciri Android yang Telah di Hack Orang Lain

1. Periksa List Aplikasi

Periksalah daftar aplikasi yang terinstal pada smartphone android sobat guna untuk mengetahui hal-hal yang mencurigakan pada aplikasi tersebut. Sobat bisa mengetahui daftar-daftar aplikasi yang mencurigakan yang bisa merekam segala aktivitas yang sobat lakukan. Hati-hati dalam menginstal aplikasi ya!

2. Notifikasi bar

Virus ataupun malware bisa saja muncul dalam notifikasi bar dalam bentuk iklan. Syukur-syukur iklan tersebut bisa hilang, jika tidak? Bisa jadi iklan tersebut adalah virus atau malware dengan bentuk iklan. Sobat harus waspada pada bentuk iklan seperti ini.

Jika hal tersebut terjadi, periksalah aplikasi atau game apa saja yang telah sobat instal. Bisa jadi aplikasi atau game tersebut telah dimasuki oleh virus atau malware. Segera lakukan uninstal pada aplikasi tersebut!

3. Pop-up iklan yang terus muncul

Sesuai dengan poin no. 2 tadi, hal ini bisa terjadi pada aplikasi atau game yang telah diinstal. Jika iklan hanya muncul pada aplikasi atau game tersebut, itu tidak jadi masalah. Tapi bagaimana jika pop-up iklan tersebut muncul di launcher maupun aplikasi yang lainnya? Hal ini yang harus sobat waspadai. Aplikasi atau game yang telah diinstal biasanya, iklan yang terdapat pada aplikasi tersebut tidak akan muncul di launcher maupun aplikasi yang lainnya. Jika terjadi hal tersebut, maka pop-up iklan tersebut adalah virus atau malware.


BACA JUGA:
Perbedaan Hacker dan Cracker yang harus Kalian Ketahui


4. Kuota boros tiba-tiba

Kenapa ya, kuota boros? Padahal baru diisi kemarin? Hal ini yang harus sobat curigai. Setiap aplikasi yang menggunakan internet, pasti akan terekam di Data Usage. Fitur ini sangat jelas untuk membantu sobat mencari aplikasi diluar kewajaran yang menggunakan akses internet secara masif.

Apabila aplikasi atau game sudah terinfeksi virus dan malware tertentu yang menampilkan pesan pop-up iklan, maka akan muncul distatistik data usage tersebut. Sobat bisa melakukan uninstall pada aplikasi tersebut.

5. Melacak Keylogger

Dengan aplikasi keylogger di android  ini tentunya bisa melacak atau merekam segala aktivitas pada smartphone android kita. Walaupun cara tersebut dapat menyembunyikan aplikasi perekam ketikan keyboard, bukan berarti cara ini tidak mempunyai celah.

Setiap aplikasi yang memakan konsumsi baterai akan terekam dibagian Settings hp sobat. Jika android sobat terpasang aplikasi keylogger, kemungkinan aplikasi tersebut akan hadir di list battery walau bukan diurutan teratas.


Itulah beberapa ciri-ciri untuk mengetahui smartphone android kita telah di hack oleh orang lain. Jika sobat ingin menambahkan ciri-cirinya, sobat bisa berkomentar dibawah. Nanti akan saya update artikelnya untuk menambahkan ciri-ciri yang lainnya, terimakasih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 03:05:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.