Teknik Cracking Password Yang Digunakan Hacker


BLOG KOMPUTER - Ada yang mengatakan jika dunia digital tidak begitu berbahaya. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa itu cukup berbahaya, apalagi sudah banyak hal teknik pembelajaran hacking password.


Apa itu teknik Cracking Password? Teknik Cracking Password adalah sebuah istilah yang mendeskripsikan sebuah kelompok teknik yang digunakan untuk memperoleh password atau kata sandi rahasia pada sebuah sistem data. Lalu apa saja sih teknik tersebut? Nah, untuk mengetahui Teknik Cracking Password Yang Digunakan Hacker, simak saja dibawah ini.


Teknik Cracking Password

1. Dictionary

Teknik ini sering digunakan secara umum oleh sebagian besar hacker. Dictionary adalah sebuah file sederhana yang berisi beberapa kata-kata aneh dan tidak biasa, dimana kebanyakan orang sering sering menggunakannya untuk password akun mereka. Namun, dengan teknik ini kamu tidak akan langsung berhasil. Kamu harus menemukan keberuntungan dalam beberapa kali percobaan. Dan tentunya, password yang sulit tidak akan bisa dibobol dengan teknik ini.

2. Brute Force

Metode Brute Force tidak beda jauh dengan Dictionary. Dengan teknik ini, harus dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Sebab, kamu akan dituntut mencoba setiap kombinasi terbaik sampai password ditemukan. 

3. Phishing


BACA JUGA:


Cara termudah dalam Teknik Cracking Password yaitu dengan menggunakan teknik Phishing. Padahal cara ini sudah terlalu basi di dunia hacker. Biasanya, hacker ini akan membuat sebuah halaman palsu, email palsu, bahkan aplikasi palsu untuk membuat si pengguna login dari situ. Setelah login, rincian akun tersebut akan masuk ke server hacker.

4. Trojan, Virus, dan Malware
Para hacker akan sengaja membuat sebuah program seperti Trojan, Virus, atau Malware agar bisa membuat sebuah kehancuran untuk sasaran targetnya. Program ini akan tersembunyi melalui email atau melalui file-file yang didownload didalam sebuah situs web.

5. Shoulder Surfing

Merupakan sebuah teknik untuk memata-matai pengguna ATM atau bahkan perangkat elektronik lainnya, guna mendapatkan informasi pribadi secara tertutup.

6. Port Scan

Sering dilakukan untuk menemukan berbagai kelemahan pada server-server tertentu. Trik ini dilakukan hanya untuk menemukan kerentanan dalam sebuah sistem.

7. Rainbow Table

Dilakukan dengan cara penyerangan seperti teknik Dictionary. Teknik ini menggunakan prahitung hash dan password yang ada. Apa itu hash? Hash adalah hasil enkripsi dari sebuah password atau informasi yang dianggap penting. Perbedaan pada Rainbow Table dan Dictionary adalah metode ini digunakan untuk memperkuat password dan hash.

8. Offline Cracking

Jika ingin mencoba hack password, dilakukan dengan cara offline. Data yang didapatkan biasanya diperoleh dari sistem yang cukup membahayakan. Dengan teknik ini, seorang hacker sejati bisa menguji validitas dari sebuah password. Teknik ini termasuk ke dalam teknik Rainbow Table dan Dictionary.

9. Social Engineering

Sebuah serangan yang sangat bergantung pada interaksi manusia. Serangan ini menggunakan metode tipuan untuk dapat melanggar prosedur keamanan yang normal. 

10. Guessing

Guessing artinya menebak, berarti para hacker membuat sebuah tebakan dengan menjawab sistem keamanan yang tersedia pada setiap akun.


Itulah beberapa Teknik Cracking Password Yang Digunakan Hacker. Untuk berjaga-jaga dari serangan hacker, gantilah semua password akun kalian dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol agar tidak mudah dibobol.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 06:41:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.