Tips Android Yang Wajib Diketahui Pengguna Android


BLOG KOMPUTER - Kini Android sudah banyak digunakan oleh para pengguna smartphone. Selain banyaknya smartphone Android dengan harga yang lebih murah, alasan para pengguna Android juga lebih mudah untuk diutak-atik ketimbang Iphone.


Tetapi, banyak pengguna Android yang tidak mengetahui cara menggunakan smartphone-nya dengan baik. Maka dari itu, simak saja kumpulan tips Android dibawah ini. Dan juga tidak perlu untuk me-root atau pun gunta-ganti Custom ROM untuk melakukan tips ini. 

Tips Android tanpa Root

1. Menyembunyikan File dan Aplikasi tanpa Aplikasi Lain

Jika sobat ingin menyembunyikan file dan aplikasi tanpa aplikasi lain, di Android Lollipop ke atas tentunya sobat bisa melakukan tips yang satu ini. Sobat hanya tinggal membuat Guest Mode atau mode lainnya, dan semua file dan aplikasi sobat akan aman.



2. Mengambil Screenshot tanpa Menekan Tombol

Jika sobat ingin melakukan screenshot tanpa menekan tombol, sobat bisa menginstal aplikasi yang bernama Screenshoot Crop & Share. Sobat bisa mendownloadnya DISINI.


Instal aplikasi seperti biasa, lalu aktifkan dan beri izin akses dari aplikasi ini. Dengan mengaktifkan Floating Bubble-nya, sobat bisa mengambil screenshoot tanpa menekan tombol apapun. Tetapi, walaupun tidak tanpa Floating Bubble, sobat juga bisa melakukan screenshot seperti biasa, otomatis akan muncul photo editor untuk memudahkan melakukan editing.

3. Mempercepat Android

Tidak perlu akses root untuk mempercepat Android yang nge-lag. Masuk ke Developer Options lalu ubah semua angka Animation Scale-nya. 



4. Menjadi Developer

Walaupun sobat adalah seorang konsumer, Google menyediakan akses jika ingin bertindak sebagai Developer. Dengan masuk ke Developer Options, tentunya banyak yang bisa sobat lakukan jika masuk ke Developer Options.



5. Mengandalkan Google

Salah satu keistimewaan Android adalah semuah sistemnya didukung oleh Google. Wajar saja jika Android memang dikembangkan oleh Google. Maka dari itu, ada baiknya sobat gunakan semua layanan dan aplikasi yang dikembangkan oleh Google.

Gunakan aplikasi Gmail untuk mengirim dan menerima email, Youtube untuk streaming, Photos untuk aplikasi Galeri, Play Musik untuk memutar musik, Google Keep untuk membuat catatan/memo, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Biasakan Multitasking

Jika sobat sedang membuka aplikasi atau ingin berpindah ke aplikasi lain yang telah digunakan sebelumnya, coba gunakan tombol Recent Apps. Hal ini akan mempercepat waktu daripada harus keluar terlebih dahulu lalu mencari aplikasi tersebut.


Selain itu, sobat juga bisa menggunakan aplikasi lain agar bisa menonton video sambil tetap menjalankan aplikasi yang lain seperti chatting atau browsing.

7. Mengubah Tampilan Android

Agar tampilan Android tidak membosankan, gunakanlah berbagai aplikasi launcher terbaik yang terdapat pada Google Play Store. Dengan menggunakan launcher, tampilan homescreen Android sobat bisa diubah sesuai selera tanpa harus mengganti ROM-nya.

8. Akses Cepat ke Kamera

Google secara default menyediakan akses cepat ke kamera dari tampilan lockscreen Android. Jadi, sobat bisa dengan cepat membuka kamera dengan akses ini. Hal ini tentu akan mempermudah daripada harus mencari aplikasi kamera dari sekian banyaknya aplikasi yang diinstal.

9. Menggunakan Google Search

Gunakanlah widget Google Search yang telah disediakan pada Android. Sobat bisa mencari berbagai hal yang ada di Android sobat dengan mudah. Dimulai dari aplikasi, kontak, file, musik, video, maupun browsing.

10. Pahami Aplikasi yang Diinstal

Semua aplikasi di Android tentunya membutuhkan akses ke sistem supaya aplikasinya berjalan dengan lancar. Ada aplikasi yang membutuhkan akses ke kontak, lokasi, SMS, kamera, dan sebagainya.


Selalu baca akses apa saja yang dibutuhkan aplikasi saat ingin menginstalnya. Jika tidak berhati-hati, bisa jadi aplikasi tersebut adalah aplikasi untuk mencuri data pribadi melalui virus/malware yang telah disimpan pada aplikasi tersebut.

11. Menentukan Aplikasi Default

Dengan banyaknya aplikasi yang diinstal pada Android, pasti ada banyak aplikasi yang memiliki fungsi sama. Untuk itu, tentukan aplikasi default yang menurut sobat sangat nyaman untuk melakukan tugas tertentu.

12. Mengaktifkan Fitur Battery Saver

Untuk langkah awal agar baterai smartphone Android sobat lebih hemat, sobat bisa mengaktifkan fitur Battery Saver. Fitur ini memungkinkan untuk menghemat baterai Android ketika baterainya hampir habis. Atur saja pada sisa baterai berapa persen fitur ini akan otomatis aktif.



13. Pantau Penggunaan Data Seluler

Tidak usah takut jika kuota sekarat. Pantau saja pemakaian kuota internet Android melalui Settings > Data Usage. Lalu lihatlah pemakaian data di jaringan mobile dan WiFi.


14. Disable Aplikasi yang Jarang Digunakan

Semua smartphone Android pasti hadir dengan bloatware atau aplikasi bawaan, kecuali Nexus dan Android One. Agar tidak membebani sistem, sobat bisa disable aplikasi tersebut dengan cara masuk ke menu Settings > Apps, lalu cari aplikasi yang ingin di disable.

15. Akses Cepat ke Menu Settings

Android tentunya dibekali dengan panel khusus untuk menampilkan notifikasi. Pada panel notifikasi tersebut, sobat bisa menemukan akses cepat ke berbagai menu yang ada di Android. Bukan hanya akses cepat ke pengaturan khusus, sobat juga bisa masuk ke menu Settings melalui panel notifikasi ini.


Itulah beberapa tips Android agar sobat lebih jago lagi dalam menggunakan smartphone Android. Tentunya dengan tips ini, sobat tidak perlu root untuk mengubah atau utak-atik smartphone Android.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:58:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.