Cara Unroot Android dengan Mudah Agar Garansi Tidak Hilang


BLOG KOMPUTER - Lama tidak posting, akhirnya saya menyempatkan kembali untuk membuat sebuah artikel yang berjudul Cara Unroot Android dengan Mudah.


Tentunya, akibat fitur bawaan yang terbatas pada smartphone itu sendiri, bukan tidak mungkin kalau sobat melakukan root pada Android milik sobat. Dengan cara ini, banyak kemudahan yang bisa didapatkan pada smartphone itu sendiri.

Meski banyak membantu, cara root ini tentunya memiliki kelemahan yaitu berupa hilangnya garansi smartphone sobat. Dan tentunya, jika smartphone sobat mengalami kerusakan dan ingin membetulkannya secara cuma-cuma atau gratis, tentunya harus memiliki garansi yang masih aktif. Untuk mengakalinya, sobat bisa melihat caranya di bawah ini.

Cara Mudah Unroot Android

Yang harus sobat lakukan pertama kali adalah dengan mendownload aplikasi Root Explorer, ES File Explorer, atau pun X-Plore File Manager. Sobat bisa mendownload-nya di bawah ini (Pilih salah satu).


Caranya:

Disini saya menggunakan ES File Explorer, sobat bisa memilih salah satu aplikasi diatas dan caranya tetap sama.

1. Silahkan buka aplikasi yang telah didownload tersebut, lalu aktifkan fitur Root Explorer di bilah menu.


2. Buka direktori Root (tanda "/") dan cari /system/bin/. Lalu cari file su didalam folder bin, lalu pilih hapus.


3. Buka folder /system/xbin/, lalu cari kembali file su dan pilih hapus.


4. Selanjutnya, hapus aplikasi Super SU atau Kingroot dari sistem. Caranya, buka folder /system/app/, dan cari file SuperSU.apk atau Kinguser.apk (Sesuai yang digunakan), lalu pilih hapus


5. Langkah terakhir, sobat hanya tinggal me-restart smartphone. Maka akses root yang berada pada smartphone sobat akan hilang tanpa jejak.


Bagaimana, mudah 'kan cara unroot Android dengan salah satu cara yang satu ini? 
Selain untuk memudahkan untuk bisa mengakses kembali garansi smartphone, cara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan sobat dengan fungsi direktori root pada Android yang sudah di Root. Jadi, fungsi pada aplikasi ini bukan hanya untuk memodifikasi sistem saja. Selamat mencoba!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:31:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.