Ini Yang Menentukan Baterai Awet Atau Tidak, Bukan Kapasitasnya!


BLOG KOMPUTER - Sebagai penggemar dari teknologi, tentunya kita memiliki standar yang sangat tinggi. Kita ingin memiliki sebuah smartphone yang lebih cepat, lebih besar, lebih tipis, dan lebih baik lagi.

Dan sekarang kita sudah mendapatkan semua itu, kebanyakan smartphone sekarang rata-rata memiliki layar besar, tipis, cepat, dan memiliki fitur yang canggih. Tapi, semua itu menjadi kekurangan bukan kelebihan.

Meskipun semua fitur yang dimiliki smartphone saat ini sangat mengesankan, sebenarnya ada hal yang lebih penting lagi, yaitu baterai.



Seberapa Penting Tes Ketahanan Baterai Screen-On Time?

Ketahanan baterai smartphone saat ini tidak mampu untuk membiarkan kita menggunakan fitur-fitur canggih di smartphone secara maksimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah Screen-On Time, apa itu?

Kapasitas Baterai Bukan Segalanya


Untuk mengetahui ketahanan baterai, jawaban yang paling jelas adalah ukuran kapasitas baterai pada milliampere-hours (mAh). Itu merupakan satuan ukuran untuk jumlah daya selama periode waktu. Tapi, tidak sesederhana itu. Smartphone dengan baterai besar belum tentu memiliki ketahanan baterai yang lebih baik, tapi juga tergantung pada hardware dan software yang digunakan oleh smartphone.


Itulah mengapa Screen-On Time sangat berpengaruh besar terhadap ketahanan suatu baterai pada smartphone.

Apa itu Screen-On Time?

Screen-On Time merujuk kepada berapa lama baterai bertahan dalam kondisi layar aktif dalam sekali charge (baterai penuh). Hal yang mempengaruhi dari Screen-On Time sendiri adalah hardware, seperti ukuran layar dan resolusi layar. Selanjutnya ukuran kapasitas baterai dan pola penggunaannya.

Seperti mendengarkan lagu di Spotify, streaming video di Netflix atau Youtube, main game, dan yang lainnya. Pola penggunaan yang berat akan mempengaruhi Screen-On Time.


Meski begitu, hasil uji ketahanan Screen-On Time ini memberi tahu kita performa baterai yang sesungguhnya. Nah, rata-rata Screen-On Time smartphone saat ini adalah sekitar 5-6 jam. Itu sudah cukup mengesankan, apalagi pola penggunaan kamu berat.

Jadi, kalau ingin smartphone dengan daya tahan yang awet, selain kapasitas baterai, cek terlebih dahulu hasil uji ketahanan Screen-On Time-nya.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 03:47:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.