Jangan Pernah Lakukan Hal Ini pada Smartphone Kamu


BLOG KOMPUTER - Sejak adanya smartphone, segalanya menjadi sangat mudah. Chatting-an dengan teman, keluarga, maupun orang yang tidak dikenal entah itu satu kota maupun berbeda negara. 

Selama ini mungkin sobat hanya menggunakan smartphone tanpa mengetahui bahaya yang dapat merusak smartphone. Smartphone juga tentunya memiliki keterbatasan yang membuatnya harus diperlakukan dengan benar supaya awet. Jika salah dalam menggunakannya, bisa jadi smartphone yang sering sobat gunakan justru akan merusak smartphone kesayangan sobat dengan kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan.


Dengan menyadari pentingnya smartphone pada kehidupan kita, maka kita harus tetap menjaga smartphone kita agar tetap awet. Maka dari itu, jangan pernah melakukan hal-hal sepele yang dapat merusak smartphone.

Dan saya telah merangkum Hal-hal Sepele yang Dapat Membahayakan Smartphone. Simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Hal-Hal Yang Dapat Membahayakan Smartphone

1. Charge Smartphone Menggunakan Laptop

Dengan menghubungkan smartphone dengan Laptop, sobat akan lebih mudah untuk melakukan transfer data dengan cepat. Selain untuk bertukar file, Laptop juga bisa digunakan untuk nge-charge smartphone.


Tapi tahukah sobat, jika nge-charge smartphone menggunakan Laptop bisa membahayakan smartphone? Jika terlalu sering nge-charge menggunakan Laptop, itu juga akan merusak Laptop sobat. Maka dari itu, jika ingin transfer data, sobat bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Seperti Wifi File Transfer.

2. Charge Menggunakan Charger Mobil


Dengan memanfaatkan arus listrik yang dihasilkan dari aki mobil, sobat bisa melakukan charge untuk mengisi ulang baterai smartphone dengan bantuan kabel USB car charger. Tapi, apakah sobat yakin output yang dihasilkan dari port USB car charger sobat stabil? Jika tidak, maka arus yang masuk akan merusak komponen smartphone sobat. Apalagi ketika saat berkendara di jalan yang tidak mulus.

3. Menggunakan Power bank Abal-Abal

Power bank adalah sesuatu yang wajib dimiliki oleh pengguna smartphone. Namun, sampai saat ini masih terdapat banyak sekali kualitas power bank yang buruk. Beberapa power bank bahkan memiliki output arus yang tidak cocok digunakan pada smartphone.


Jika sobat memang membutuhkan power bank, maka belilah power bank yang memiliki kualitas terjamin, bukan hanya harganya yang murah! 

4. Membiarkan Baterai Terlalu Lama Kosong

Baterai smartphone itu berisi sel-sel baterai yang akan menampung arus listrik. Saat daya yang ditampungnya habis, maka sel-sel baterai akan mulai tidur. Jika semua sel kehabisan daya, maka akan membuat proses membangunkan daya akan semakin lama. 

Bahkan, bukan tidak mungkin sel baterai akan kehilangan kemampuannya dalam menyimpan arus listrik. Jadi, jangan pernah membiarkan baterai smartphone sobat kelamaan kosong.

5. Charge Baterai Semalaman


Kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone adalah nge-charge smartphone semalaman. Dampaknya adalah smartphone sobat jadi over charging. Untuk smartphone yang charger-nya tidak dibekali oleh sertifikat over charging protection, hal ini akan membuat baterai lebih cepat rusak. Sebagai solusinya, belilah charger atau adaptor yang dibekali oleh timer.

6. Overheat


Kebanyakan smartphone itu bekerja diantara suhu -10 derajat hingga 35 derajat celsius. Jika suhu smartphone sobat melebihi dari batas suhu tersebut, bisa dipastikan komponen di dalamnya akan cepat rusak. Juga hindari penyimpanan smartphone yang terkena matahari langsung.

7. Terlalu Sering Menggunakan Smartphone


Sebaiknya gunakanlah smartphone dengan bijak, dan perlakukanlah seperti menjaga badan sendiri. Biarkanlah smartphone istirahat agar performanya tetap terjaga. Aktifkan fitur ON/OFF jadwal otomatis agar saat sobat istirahat, maka smartphone pun akan istirahat. 

8. Wifi dan Bluetooth On Terus

Saat tidak terhubung dengan smartphone lain, maka matikanlah Wifi dan Bluetooth smartphone sobat. Karena saat tidak terhubung dengan suatu perangkat, Wifi dan Bluetooth akan terus menerus mencari pasangan yang menyebabkan baterai akan cepat habis.


Selain membuat baterai cepat habis, juga sangat beresiko terhadap serangan hacker. Maka dari itu, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan maka matikanlah Wifi dan Bluetooth saat tidak digunakan.

9. Menyimpan Smartphone di Saku Celana Ketat

Jangan keseringan menyimpan smartphone pada saku celana yang ketat. Selain beresiko layar terkena goresan, dikhawatirkan juga smartphone sobat jadi bengkok karena tertekuk.


Jika sudah bengkok, bisa menyebabkan baterai smartphone terbakar dan menyebabkan luka bakar. Maka dari itu, hindari hal sepele seperti ini.

10. Selalu Numpang Charge


Hal ini juga sering sekali dilakukan oleh para pengguna smartphone. Entah itu charge-nya tertinggal atau apa, jika sobat terus-menerus menggunakan charger yang bukaan bawaan akan membuat proses isi ulang smartphone menjadi lambat. Jika sudah seperti ini, hal ini akan membuat baterai cepat rusak akibat overheat.


Nah itu tadi adalah beberapa hal sepele yang dapat membahayakan smartphone milik sobat. Meski terlihat sepele, jika terus-menerus dilakukan akan membahayakan dan merusak smartphone.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:00:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.