6 Software Yang Bisa Untuk Mempercepat Windows Kamu


BLOG KOMPUTER - Sebuah sistem komputer yang baik, haruslah mempunyai kinerja yang cepat dalam memproses segala sesuatunya. Apabila sistem komputer kita lambat, tentunya akan membuat hasil pekerjaan kita juga lama untuk diselesaikan. Bahkan bukan tidak mungkin membuat hasil pekerjaan kita menjadi kurang baik.


Permasalahan komputer lambat, tampaknya sudah menjadi penyakit yang umum pada sebuah komputer. Pasalnya hampir semua komputer, bahkan komputer super canggih sekalipun kemungkinan besar pernah mengalaminya.

Namun karena rumitnya sistem komputer, permasalahan komputer lambat menjadikannya sulit untuk dihindari. Oleh karena itu, jika komputer sobat saat ini cukup lambat, sebaiknya sobat baca artikel saya berikut ini.

Punya Komputer Lambat? Atasi dengan 6 Software Ini

1. CCleaner

Software pertama untuk mempercepat komputer adalah CCleaner. Dan pasti sebagian orang sudah mengenal software yang satu ini, karena memang software ini cukup terkenal. Dan juga software ini bisa digunakan oleh sobat secara gratis.


CCleaner adalah software yang tergolong kecil, namun sangat efektif untuk membersihkan file sampah yang membebani kinerja komputer sobat. Sampah-sampah itu misalnya temporary file, registry, dan lain sebagainya. Untuk sobat yang ingin menggunakan software ini, sobat bisa mendownloadnya melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD: CCleaner

2. Advanced Uninstall Pro

Software ini berfungsi untuk uninstall software-software yang berada di komputer sobat. Tidak seperti melakukan uninstall seperti biasa pada software bawaan windows, software ini akan merapikan registry yang berubah karena software yang sudah di install sebelumnya. 


Ada satu fitur lagi yang membantu pada software ini, yaitu bisa scanning pada software-software yang tidak bermanfaat dan membebani sistem komputer. Untuk memakai software ini, sobat bisa mendownloadnya pada link di bawah ini.


3. Malwarebytes

Software ini berfungsi untuk melakukan scanning pada sistem komputer, apakah ada malware yang menginfeksinya atau tidak. Bukan tidak mungkin kalau ternyata konfigurasi sobat sudah maksimal, tapi komputer tetap saja lambat. Hal ini bisa saja jadi karena adanya malware yang berada pada sistem komputer sobat.

BACA JUGA:



4. Task Manager atau Ms Config

Sobat juga bisa menggunakan software bawaan windows, yaitu Ms Config atau Task Manager. Dengan cara ini, sobat dapat mengatur start up pada sistem komputer.


Dengan banyaknya software start up pada sistem komputer, artinya, setiap sobat menyalakan komputer, maka sistem komputer akan wajib membuka software-software tersebut. Dengan menguranginya, tentu saja akan membuat sistem komputer menyala lebih cepat.

5. Disk Fragment

Masih dengan software bawaan, sobat bisa menggunakan Disk Fragment. Hard disk pada dasarnya terdiri dari susunan blok, pada saat menginstall sebuah software atau menyimpan sebuah data, lama-lama akan membuat blok-blok tersebut menjadi berantakan.


Dengan blok-blok yang berantakan, tentunya akan membuat kinerja komputer menjadi lambat. Jika menggunakan Disk Fragment, sobat dapat merapikan kembali blok-blok tersebut. Dan tentunya setelah blok-blok tersebut rapi, kinerja komputer dapat berjalan jauh lebih cepat.

6. Mengganti Software dengan Yang Lebih Ringan

Apabila komputer masih lambat, mungkin saja karena software yang digunakan memang berat. Solusinya, gantilah software tersebut dengan software lain yang mirip namun jauh lebih ringan.

Contohnya, Google Chrome. Google Chrome pada dasarnya memakan banyak RAM, alternatifnya sobta bisa menggunakan Mozilla Firefox. Nah, sebagai referensi agar nantinya sobat tidak bingung untuk mengganti softwarenya, sobat bisa kunjungi situs AlternativeTo.


Itulah 6 software untuk mempercepat kinerja sistem komputer sobat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat, selamat mencoba!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:12:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.