Lakukan Cara Ini Agar Facebook Kamu Tidak di Hack


BLOG KOMPUTER - Facebook merupakan media sosial terpopuler di dunia dan masih menjadi salah satu platform komunikasi yang stabil dalam hal pengguna aktif. Tidak dapat dipungkiri lagi jika Facebook mempunyai banyak sekali fitur dan inovasi baru yang selalu mereka berikan, dan membuat penggunanya kecanduan juga tidak ingin meninggalkannya.


Mungkin sobat pernah melakukan untuk menambahkan teman sebanyak mungkin dan itu merupakan impian kebanyakan orang, namun semua itu kini menjadi hal yang sudah biasa. Jika kita sering melakukan hal tersebut tanpa tidak mengenal orang yang ditambahkan, sobat harus berhati-hati dalam menambahkan tempat ke friend list facebook sobat. Kenapa? Karena ada banyak sekali orang yang tidak bertanggungjawab dan ingin mencuri informasi pribadi sobat di Facebook, bahkan sering sekali banyak penipuan yang mengatasnamakan diri kita sendiri. Namun sebelum sobat mengalami hal tersebut, ada baiknya sobat lakukan 5 cara berikut ini untuk mengamankan akun Facebook sobat.

5 Cara Mengamankan Akun Facebook

1. Mengaktifkan Fitur 'Peringatan Masuk'


Fitur keamanan ini wajib sobat aktifkan. Facebook akan mengirimi pemberitahuan rincian login atau seseorang yang mencoba masuk ke akun sobat. Untuk mengaktifkannya, masuk ke akun Facebook lalu pilih menu Pengaturan > Keamanan > Peringatan Masuk.

Jadi, setiap sobat login di perangkat baru atau browser baru, sobat akan mendapatkan pemberitahuan dari Facebook. Jika memilih untuk mengirim pesan melalui email, Facebook akan mengirim laporan ke alamat email sobat setiap melakukan login.

2. Mengaktifkan Fitur 'Persetujuan Masuk'


Fitur Persetujuan Masuk memiliki langkah keamanan yang lebih ekstra. Ini adalah cara terbaik untuk mengamankan akun dari serangan hacker atau orang yang ingin login menggunakan akun sobat.

Setiap akan login ke Facebook, baik dari komputer maupun smartphone, sobat akan diminta untuk memasukkan kode keamanan khusus lewat SMS. Cara untuk mengaktifkannya yaitu masuk Pengaturan > Keamanan > Persetujuan Masuk ke Facebook

3. Mengaktifkan Fitur 'Kontak Terpercaya'


Jika menggunakan fitur ini, sobat akan diminta untuk memilih hingga 5 teman terpercaya dari friend list Facebook sobat. Tentunya pilihlah teman yang dapat dihubungi untuk membantu jika ada masalah dengan akun Facebook sobat. Cara mengaktifkannya masuk Pengaturan > Keamanan > Kontak Terpercaya Anda.

4. Mengaktifkan Fitur 'Kontak Pewaris'


Fitur ini mengharuskan sobat memilih seseorang untuk menjaga akun untuk dijadikan sebagai kenangan atau telah meninggal. Sehingga kontak pewaris dapat menuliskan kiriman sematan untuk profil sobat, seperti pesan terakhir. Caranya pilih Pengaturan > Keamanan > Kontak Pewaris

5. Lakukan Pemblokiran Undangan


Saat mengakses berbagai layanan Facebook pihak ketiga seperti game dan lainnya, sobat perlu menerima undangan mereka agar memiliki akses semua data sobat. Untuk melindungi akun, lebih baik sobat mengaktifkan Blokir Undangan, terutama pada aplikasi atau game yang telah sobat mainkan. Caranya, masuk Pengaturan > Pemblokiran.

Dengan 5 langkah sederhana ini, akun Facebook yang kita miliki akan terjamin keamanannya. Jika sobat merasa ada aktivitas aneh yang terjadi pada akun Facebook milik sobat, pantaulah setiap aktivitas dan riwayat akun secara berkala. Semoga bermanfaat!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:11:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.