Tips Untuk Mencegah Baterai Smartphone Agar Tidak Kembung


BLOG KOMPUTER - Seiring semakin canggihnya teknologi, handphone yang dulu baterainya bisa kuat berhari-hari sekarang hanya bisa bertahan sehari atau beberapa jam. Hal ini bukan karena kualitas baterai yang buruk, melainkan smartphone selalu aktif melakukan sinkronisasi data. Akibatnya, daya tahan baterai smartphone akan cepat habis.


Tentunya sobat suka kesal jika baru beberapa bulan, baterai smartphone sudah harus ganti gara-gara kembung dan bocor. Jika tidak diganti, baterai smartphone yang bocor akan berakibat fatal pada komponen smartphone yang kemudian bisa berimbas besar kepada performanya.

Agar smartphone bisa bertahan lama, penting bagi sobat untuk menjaga baterai smartphone awet. Nah, tentunya di artikel saya kali ini akan membahas dan memberikan cara agar baterai smartphone tidak cepat kembung dan bocor.

Cara Agar Baterai Smartphone Tidak Kembung dan Bocor

1. Hindari Overheat


Jika smartphone digunakan terus-menerus, dan tidak diberikan waktu istirahat, smartphone akan overheat. Bahkan beberapa smartphone rentan mengalami overheat walau tidak sedang digunakan karena kasus wakelock

Selain wakelock, penggunaan kamera terus-menerus pun akan memicu terjadinya overheat. Hal itu karena sensor kamera akan memaksa prosesor pengolah gambar akan memprosesnya dengan cepat. Untuk itu, lebih baik gunakan kamera pada saat dibutuhkan saja, dan tutup jika tidak digunakan.

2. Hindari Penggunaan Smartphone pada saat di Charge


Saat smartphone di charge, lebih baik smartphone dalam keadaan mati atau tidak digunakan sama sekali. Jika terlalu sering menggunakan smartphone saat di charge, itu akan beresiko membuat baterai smartphone kembung dan bocor.

3. Jangan Charge Smartphone Semalaman


Kapasitas listrik yang berlebih saat mengisi ulang smartphone semalaman akan memicu overheat pada charger dan menyebabkan panas menyebar ke permukaan bodi smartphone. 

4. Jangan Keseringan Membiarkan Baterai Kosong


Jika terlalu sering membiarkan baterai smartphone kosong, akan berakibat pada lamanya proses pengisian baterai. Sehingga memicu panas berlebih yang mengakibatkan baterai smartphone bocor.

5. Hindari Tempat yang Menghasilkan Panas


Beberapa alat elektronik yang menghasilkan panas berlebih, seperti CPU, dashboard mobil, kulkas, dan yang lainnya, itu akan rentan memberikan radiasi ke smartphone. Agar baterai tidak kembung lalu bocor, hindari untuk menyimpan smartphone di tempat yang menghasilkan panas.

6. Gunakan Charger Asli

BACA JUGA:


Penggunaan adapter charger yang tidak sesuai, akan memicu aliran listrik berlebih sehingga membuat konektor charger kaget. Jadi, sebisa mungkin untuk menggunakan charger yang asli.

Intinya, agar baterai smartphone tidak kembung dan bocor, hindari smartphone agar tidak panas. Panas pada smartphone akan membuat baterai smartphone cepat kembung lalu bocor. Kebocoran baterai smartphone yang kembung bisa dipicu oleh casing smartphone atau bahkan panas yang berlebih.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:28:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.