Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Antivirus


BLOG KOMPUTER - Android memang terkenal rentan terhadap serangan virus dan malware yang disisipkan pada aplikasinya. Hal ini bukan karena adanya dukungan terhadap kemudahan dalam membuat aplikasi, tetapi juga tidak ketatnya keamanan persyaratan dan seleksi aplikasi di Play Store sendiri. Menggunakan antivirus bisa saja menjadi solusinya, tapi bagaimana jika virusnya disematkan pada aplikasi Antivirus tersebut? 


Melakukan factory reset selalu disebut sebagai cara ampuh untuk menghilangkan virus di Android, tapi resikonya sobat akan kehilangan semua data yang terpasang di Android. Bisa saja sih di install kembali, tapi apakah sobat bisa menjamin aplikasi itu tidak ada virus?

Maka dari itu, perlukah smartphone kita di install aplikasi antivirus? Itu tergantung pada diri sendiri. Tapi jika sobat penasaran dengan ada atau tidak adanya virus di smartphone sobat, sobat bisa menggunakan cara di bawah ini.

Cara Menghilangkan Virus Tanpa Antivirus di Android

1. Masuk Safe Mode

Masuk ke Safe Mode akan memungkinkan Android sobat untuk beroperasi lebih ringan, karena hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa oleh sistem. Saat berada di Safe Mode, aplikasi yang di install akan hilang. Tapi tenang, aplikasi tersebut bukan hilang selamanya, hanya sementara saat berada di Safe Mode saja. Jadi saat di Safe Mode, sobat bisa leluasa berpindah antar sistem aplikasi tanpa kendala, dan juga memudahkan sobat untuk mengecek atau membersihkan file-file tidak penting, seperti file cache.


Cara untuk masuk ke Safe Mode di Android berbeda-beda. Namun, rata-rata menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume saat proses booting. Jika masih bingung, silahkan cari di Google Search menggunakan keyword "Safe Mode (tipe Android yang digunakan)".

2. Cek Aplikasi di Safe Mode


Saat berada dalam Safe Mode, silahkan cek aplikasi yang terinstall. Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di Safe Mode. Tetapi karena virus termasuk ke dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem. Jika Android sobat terinfeksi oleh virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah di install oleh sobat.

3. Hapus Aplikasi Mencurigakan Tersebut


Jika sobat menemukan aplikasi mencurigakan tersebut, sobat hanya klik aplikasi tersebut lalu pilih Uninstall. Pada satu kasus, sobat mungkin menemukan aplikasi tersebut namun tidak dapat di uninstall karena aplikasi tersebut telah memberikan akses administrator.

4. Hapus Akses Administrator Aplikasi Asing


Setelah menemukan aplikasi asing yang tidak dapat di uninstall, sobat hanya perlu menghapus akses administrator-nya. Caranya, masuk ke Settings > Security > Device Administrator, lalu hilangkan akses administrator aplikasi tersebut. Kembali lagi pada aplikasi tersebut, lalu lakukan lagi uninstall. Seharusnya sobat sudah bisa menghapusnya.

Setelah semua cara di atas dilakukan, sobat hanya perlu keluar dari Safe Mode. Caranya, sobat hanya perlu melakukan Restart seperti biasa.

Nah, mudah bukan untuk menghapus virus di Android tanpa menggunakan Antivirus? Namun sebelum melakukan langkah-langkah di atas, ada baiknya sobat melakukan back-up data dan aplikasi yang dirasa penting untuk berjaga-jaga.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:14:00

1 komentar:

oke min, makasih udah share infonya.
solder uap

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.