Beberapa Masalah pada WhatsApp dan Cara Mengatasinya



BLOG KOMPUTER - WhatsApp sekarang ini merupakan aplikasi chatting terbesar yang sering digunakan oleh para pengguna smartphone. Bagi kebanyakan orang, WhatsApp sudah menjadi salah satu aplikasi yang harus di install saat pertama kali menggunakan smartphone. Namun, WhatsApp bukan aplikasi yang terinstall secara default pada platform Android.

Meski aplikasi Instant Messenger yang satu ini bisa di install di berbagai jenis smartphone Android, terkadang masalah-masalah pada WhatsApp sering sekali dijumpai. Beberapa masalah memang sering muncul setelah menggunakannya beberapa hari ke depan. Akan tetapi, masalahnya juga terkadang muncul saat pertama kali install atau saat menggunakan WhatsApp.

Maka dari itu, kali ini saya akan membahas tentang beberapa masalah yang sering terjadi pada aplikasi WhatsApp dan cara untuk mengatasinya. Simak selengkapnya di bawah ini.


5 Masalah Pada Aplikasi WhatsApp dan Cara Untuk Mengatasinya


1. Pesan Yang Tidak Dapat Dikirim




Masalah pada pesan yang tidak dapat dikirim ini umumnya terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil. Karena itu, periksa terlebih dahulu apakah smartphone sudah terhubung internet dengan baik atau tidak. Cek koneksi WiFi atau data yang digunakan. Dan pastikan juga versi WhatsApp yang terinstall adalah versi yang baru.

Sobat juga bisa membersihkan cache aplikasi melalui menu Settings > Applications > WhatsApp > Clear Cache. Aplikasi Task Killer juga ternyata bisa mempengaruhi WhatsApp. Maka dari itu, sobat bisa mengatasi masalah ini dengan memastikan aplikasi Task Killer yang digunakan tidak mempengaruhi WhatsApp. Namun jika masih sama, bisa dipastikan server dari WhatsApp sedang mengalami masalah atau gangguan.

2. Tidak Dapat Menginstall WhatsApp


Nah, hal ini tentunya sering terjadi oleh para pengguna smartphone Android. Biasanya, masalah ini sering terjadi pada android 2.3 (Gingerbread) ke bawah. Penyebab masalah ini terjadi karena, tim pengembang WhatsApp memang sudah tidak lagi mendukung Android versi lama. Meski demikian, versi Android di atasnya akan terbebas sepenuhnya dari masalah ini.

Untuk versi 4.0 ke atas, bisa memperbaiki masalah ini dengan cara mengubah settings security pada smartphone. Cukup masuk ke menu Settings > Security lalu Enable menu Unknown Source. Namun untuk versi di bawahnya, mungkin harus mengganti smartphone dengan versi OS Android di atasnya. Karena versi Android yang lama tidak bisa mendukung WhatsApp.

3. Tidak Menerima Kode Aktivasi


Untuk mengaktifkan akun WhatsApp, penggunanya diharuskan memasukkan nomor telepon yang digunakan untuk menerima kode aktivasi. Namun jika kode tersebut tidak didapat, pastikan kembali apakah nomor yang dimasukkan itu sudah benar atau tidak. Periksa juga negara yang di input sebelumnya.

Jika masih tidak mendapatkan kode aktivasi, sobat bisa mengatasi masalah ini dengan request voice call untuk mengaktifkan akun WhatsApp sobat.

4. Tidak Dapat Mengunduh Foto atau Video Yang Diterima


Untuk mengirim dan menerima foto atau video, sobat memang membutuhkan koneksi internet yang stabil. Meski demikian, terkadang foto atau video yang diterima tidak sepenuhnya bisa diunduh. Masalah seperti ini umumnya terjadi saat pengguna menggunakan paket data untuk terhubung dengan internet.

Secara default, sebenarnya WhatsApp akan mengunduh semua foto dan video yang diterima secara otomatis. Namun, pengguna bisa mengubah pengaturan auto download ini pada bagian menu Settings WhatsApp. Namun jika masalah ini masih muncul, coba lakukan restart WiFi, koneksi data, dan restart smartphone sobat.

5. Tidak Dapat Melakukan atau Menerima Panggilan Suara


Jika menemukan masalah yang satu ini, bisa dipastikan itu karena koneksi internet yang buruk. Jika menggunakan jaringan seluler, setidaknya harus memerlukan koneksi 3G. Namun jika orang yang dituju tidak memiliki koneksi yang memadai, masalah ini juga bisa terjadi.

Me-restart WiFi atau data terkadang bisa membantu untuk memperoleh koneksi yang baik. Namun jika hal tersebut tidak membantu, lebih baik pindah dan cari jaringan yang lebih baik ke lokasi yang memadai atau stabil.


Nah, itulah beberapa masalah yang terjadi pada WhatsApp dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:12:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.