Tips Mendaur Ulang Laptop yang Rusak Agar Lebih Bermanfaat


BLOG KOMPUTER - Perkembangan teknologi laptop saat ini tergolong sangat cepat, itu akan membuat kita sering berganti-ganti laptop. Ada beberapa alasan yang mungkin sering berganti laptop, misalnya rusak, sudah bosan dengan laptop lama, spesifikasinya yang low-end karena ingin bermain game-game berat.


Mungkin beberapa dari kalian mempunyai laptop yang rusak atau pun sudah tidak terpakai lagi, lebih baik jangan dulu dijual. Kenapa? Karena ada manfaat lain yang bisa sobat coba dimanfaatkan pada laptop yang rusak atau tidak terpakai tersebut.

Nah, daripada penasaran, lebih baik simak manfaat lain pada laptop yang rusak di bawah ini.

Manfaat Lain Laptop yang Rusak atau Tidak Terpakai

1. Menjadi Sebuah Monitor


Apabila bagian monitor pada laptop rusak atau tidak terpakai masih menyala, sobat bisa mencabutnya dan memanfaatkannya sebagai monitor tambahan. Sobat hanya perlu membeli monitor kontroller yang cocok dengan sparepart monitor milik sobat. Monitor kontroller sendiri mempunyai harga yang bervariasi, yaitu mulai dari Rp. 200 ribu-an.

2. Menjadi Sebuah Powerbank


Apabila kondisi baterai laptop sobat masih bagus, sobat bisa mencabutnya dan menjadikannya sebuah powerbank. Untuk tutorialnya, sobat bisa mencarinya di internet. Intinya adalah sobat hanya perlu membuat diagram elektronik yang sederhana, satukan dengan baterai laptop dan selesai.

3. Menjadi Sebuah Harddisk Eksternal


Apabila harddisk internalnya masih berfungsi, sobat bisa mencabutnya dan memanfaatkannya sebagai harddisk eksternal pada laptop sobat yang baru. Untuk melakukan cara ini, sobat hanya perlu membeli yang namanya harddisk enclosure. Harganya relatif terjangkau, yaitu hanya Rp. 100 ribu-an.

4. Manfaatkan Sebagai Sparepart Untuk Melakukan Perbaikan pada Laptop Lain (Kanibalan)


Apabila tiga bagian diatas rusak semua, sobat bisa memanfaatkan sparepart-sparepart kecil yang lainnya untuk memperbaiki laptop lain yang rusak. Contohnya mulai dari resistor, kapasitor, keycap keyboard, dan lain sebagainya. Intinya adalah sesuaikan dengan kerusakan pada laptop yang lainnya.

Nah, itu tadi adalah tips mendaur ulang laptop yang rusak agar lebih bermanfaat untuk sobat semua. Namun jika sama sekali tidak bisa dimanfaatkan, lebih baik menjualnya saja dengan harga yang murah, daripada harus menumpuk di gudang dan menjadi sampah lebih baik menjadikannya uang walaupun sedikit. Semoga bermanfaat ya!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:01:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.