9 Antivirus Lokal (Indonesia) Terpercaya dan Terbaik Gratis untuk PC


BLOG KOMPUTER - Hai Sobat Blog Komputer? Ketemu lagi. Kali ini Blog Komputer Akan membagikan 9 Antivirus Lokal (Indonesia) Terpercaya dan Terbaik Gratis.


Siapa sih yang tidak mengenal Aplikasi Antivirus ini? Kalau yang mempunyai Laptop atau bahkan Smarthphone juga perlu adanya Antivirus ini. Langsung saja lihat daftarnya di bawah sini.



1. SMADAV

Pertama adalah SMADAV. Siapa sih yang tidak mengenal Smadav? Aplikasi/Software Antivirus Terbaik di Indonesia. Smadav ini dibuat tahun 2006 oleh Zainuddin Nafarin. Proyek Smadav ini sempat tertunda sampai tahun 2008. 

Fitur dari Smadav pun beragam, dibekali dengan Smad-Lock dan SmaRTP. Smad-Lock berfungsi untuk mengunci/mengamankan file di dalam media penyimpanan. Sedangkan untuk SmaRTP berfungsi untuk mencegah eksekusi file virus dari media penyimpanan. 

Dan juga Smadav selalu memberikan update secara berkala untuk mengupdate virus-virus baru.



2. ANSAV ANTIVIRUS

Ansav Antivirus juga tak kalah hebat dari antivirus lainnya. Didalamnya terdapat berbagai fasilitas menarik yang dapat diatur secara leluasa dan mudah. Kelebihannya adalah, tidak terlalu memakan ruang penyimpanan saat installasi berlangsung di PC/Laptop sobat.


3. ARTAV ANTIVIRUS

Diciptakan oleh dua pemuda asal kota kembang, Bandung. ARTAV dapat diandalkan untuk PC/Laptop yang sedang bermasalah karena terserang virus atau malware. 

Keunggulannya adalah ARTAV ini menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6 dan C++ dan dapat memangkas waktu scanning yang rata-rata lama dengan keakuratan yang tinggi.


4. Gucup Antivirus (GAV)

Antivirus ini diciptakan oleh mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yusuf Theretsa Patiku. 

GAV menggunakan Microsoft Visual Studio .Net 2003 dengan Bahasa Pemograman C#.


BACA JUGA:



5. ELKAV ANTIVIRUS
Adalah Antivirus lokal Gratis dan lebih menitiberatkan untuk mengatasi virus-virus lokal. Dalam prosesnya, antivirus ini akan melakukan fast scanning yang akurat dan tidak sembarangan mengidentifikasi file serta didalmnya terdapat banyak sekali varian-varian virus.

Eittsss, jangan salah dulu. Bukan tetapi Elkav ini mengabaikan virus International. Elkav juga akan mendeteksi file virus international yang telah ada didalam database-nya ini.


6. PC Media Antivirus

Berisikan informasi sebanyak 3000 lebih jenis virus didalam database-nya. PC Media ini merupakan antivirus buatan lokal yang sangat digemari dan populer di Indonesia bahkan sudah sampai ke mancanegara. 

Kehebatannya, didalam database-nya ini masinh-masing virus akan dibasmi. Tidak hanya itu, pemusnahan virusnya juga tergolong sangat berhati-hati dan tak sembarangan menganggap data-data yang tidak sesuai dianggap sebagai virus. Jadi, sobat tidak perlu takut kehilangan file-file sistem atau dokumen yang sangat penting.


7. Blue Atom Antivirus

Mungkin tidak kebanyakan orang yang mengenal antivirus yang satu ini. Antivirus ini adalah penghapus virus, trojan, dan malware yang dibuat oleh seorang anak kelas XI-E SMP di Surabaya, Alvin Leonardo yang masih berusia 14 tahunan (Mungkin sekarang telah beranjak dewasa). Namun jangan salah, program ini sudah mendapatkan sertifikasi dari Softpedia pada Oktober 2009.

8. AVIGEN ANTIVIRUS


Tidak hanya berfungsi sebagai antivirus saja, Avigen juga merupakan software yang dapat mengatasi file-file yang terinfeksi virus yang umumnya disebarkan oleh para peretas nakal seperti worm, hacktool, exploit script, serta trojan horse.

Fasilitas lain yang terdapat antara lain seperti registry tweak, scan running proses, process viewer, scan autorun location, serta masih banyak lagi.


9. Codenesia Malware Cleaner (CMC)


Terakhir adalah CMC atau Codenesia Malware Cleaner. CMC ini adalah software antivirus lokal yang memiliki kualitas bagus dan mampu dan mengatasi segala macam virus dan malware buatan dalam atau luar negeri.

Proses scanning dan tingkat akurasinya yang tinggi menjadikan CMC cukup ampuh untuk dijadikan sebagai antivirus untuk PC/Laptop sobat.



Nah, dari 9 Software antivirus di atas, masih banyak lagi loh software antivirus buatan lokal. Sudah terbukti kan, jika antivirus-antivirus buatan anak Indonesia di atas mampu mengatasi masalah pada PC/Laptop yang terinfeksi virus? Dan juga tidak kalah sama buatan antivirus luar negeri.


Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi sobat semuanya.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 05:26:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.