Perbedaan, Kelebihan, serta Kekurangan Blogger dan Wordpress


BLOG KOMPUTER - Sekarang ini, ada terdapat dua layanan gratis untuk membuat sebuah situs atau website pribadi. Diantaranya adalah, Blogger dan Wordpress. Blogger dan Wordpress menjadi salah satu layanan gratis yang sering digunakan oleh orang-orang di dunia untuk membuat sebuah situs pribadi. Blogger dan Wordpress ini juga tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 



Pasti masih banyak orang diluaran sana yang ingin membuat suatu situs atau website pribadi, tetapi tidak tahu mana yang terbaik antara Blogger atau Wordpress? Kelebihan dan kekurangannya apa sih?

Kebetulan sekali, diartikel saya kali ini tentunya akan sedikit membahas tentang Perbedaan, Kelebihan, serta Kekurangan dari Blogger dan Wordpress. Dan tentunya, banyak sekali fitur yang dimiliki oleh Blogger ataupun Wordpress.


Perbedaan Blogger dan Wordpress

Blogger adalah sebuah situs blog yang dibuat oleh Pyra Labs tahun 1999. Blogger adalah salah satu situs dengan tampilan antarmuka yang user-friendly. Dan tentunya, banyak sekali yang menggunakan situs Blogger ini. Tahun 2002, Blogger berhasil menarik ratusan ribu pengguna dan membuat pihak Google tertarik untuk membeli situs blogging tersebut. Sejak diakuisisi oleh Google, Blogger menawarkan beragam aplikasi yang dimiliki oleh Google, antara lain Google Adsense, AdWords, Analytics, dan masih banyak lagi. Tentunya, aplikasi tersebut sangat berguna untuk para blogger pemula ataupun profesional.

Wordpress adalah sebuah blog yang didirikan oleh WordPress Foundation pada tahun 2003. Berbeda dengan Blogger yang dibuat untuk pemula, Wordpress diciptakan untuk pengguna yang ingin platform blogging yang lebih kompleks. Wordpress adalah platform Open Source yang berbasis PHP dan MySQL. Ada perbedaan pada Wordpress.com dan Wordpress.org, dimana Wordpress.com memiliki fitur yang mirip seperti Blogger, sedangkan Wordpress.org memiliki fitur lebih kompleks karena ditujukan untuk Advance Blogger.



BACA JUGA:



Kelebihan dan Kekurangan Blogger

Kelebihan:
  • Gratis.
  • Tampilan antarmuka yang ramah untuk pemula.
  • Terdapat beragam Widget untuk mengatur tata letak Blogger.
  • Mudah mengganti tampilan/template/tema.
  • Tidak akan mengalami server down saat menggunakan Blogger.
  • Penggunanya bisa dengan mudah memasang tracking untuk mengetahui siapa yang mengunjungi situs sobat.
  • Mudah pasang iklan.
Kekurangan:

Tampilannya cukup terbatas untuk novice dan advance blogger. Kedua jenis blogger tersebut sering komplain akibat keterbatasan fitur high-end dan dan advance pada situs mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Wordpress

Kelebihan:
  • Hak akses penuh. Akan memberikan penggunanya kuasa atas beragam hal, mulai dari tampilan, konten, dan fitur-fitur lainnya (wordpress.org).
  • Penggunanya bisa menggunakan custom domain agar situs yang dikelola bisa lebih profesional.
Kekurangan:

Memiliki kekurangan dari segi teknis, yaitu wordpress.org tidaklah gratis. Penggunanya harus membutuhkan sebuah hosting untuk menaruh wordpress tersebut. Tetapi, harganya tidak terlalu mahal untuk sebuah situs sederhana.


Kesimpulan

Tergantung pada blog seperti apa yang akan sobat buat. Blogger dan Wordpress menjadi salah satu pilihan untuk pemula ataupun profesional.

Blogger menjadi salah satu tempat penulisan pribadi beragam jenis tulisan. Blogger juga bisa untuk mempermudah penggunanya untuk mengetahui ataupun menganalisis jumlah traffic situs sobat. Dan juga memasang iklan hanya menggunakan satu akun Google.

Sedangkan untuk Wordpress, digunakan untuk pengguna yang lebih profesional. Tetapi tidak menyulitkan untuk para pemula yang ingin mempelajari situs ini. Penggunanya bisa menggunakan situs ini dengan gratis pada Wordpress.com. Dan jika ingin upgrade, penggunanya bisa menggunakan Wordpress.org.



Diatas saya sudah menjelaskan semuanya. Dari perbedaan, kelebihan, serta Kekurangan dari Blogger dan Wordpress. Dalam artikel ini, semoga sobat bisa memilih situs blogging mana yang ingin sobat gunakan untuk sebuah situs atau website pribadi sobat.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:30:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.