Fungsi Smartphone Yang Jarang Digunakan Selain Chatting


BLOG KOMPUTER - Di zaman sekarang ini, tentunya banyak sekali orang-orang yang menggunakan smartphone. Banyak orang juga yang menggunakan smartphone tanpa mengetahui dan jarang menggunakan fungsi lain dari smartphone itu sendiri. Dan yang harus kalian ketahui, ternyata smartphone selain untuk chatting bisa juga digunakan hal-hal yang lainnya.

Sebagai pengguna smartphone, pasti sering digunakan untuk chatting-an, SMS-an, teleponan, atau bahkan selfie. Namun, selain sebagai alat komunikasi, smartphone dibekali juga dengan fungsi hiburan yang lainnya. Beberapa fungsi dari smartphone yang jarang digunakan adalah sebagai berikut.

Fungsi Smartphone Yang Jarang Digunakan

1. Mengakses Komputer dari Jarak Jauh

Dengan fungsi ini, sobat bisa mengakses komputer dari jarak jauh. Syaratnya, komputer dan smartphone harus sudah terhubung ke jaringan internet. Untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh, sobat perlu menginstal Chrome Remote Desktop.


Dan yang harus dilakukan selanjutnya adalah, sobat harus terhubung dengan akun Google di Android dan Komputer sobat.

2. Sebagai Microphone di Komputer

Pernah berpikir untuk membeli sebuah microphone pada komputer? Hal ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone Android.


Sobat bisa menggunakan smartphone sebagai microphone komputer dengan sebuah aplikasi yang bernama WO Mic. Sobat bisa mengikuti dan membaca caranya di artikel Cara Menggunakan Smartphone Sebagai Microphone di Komputer.

3. Menjadi Remote

Selain bisa digunakan untuk mengakses komputer dari jarak jauh atau pun menjadi microphone komputer, smartphone android juga bisa digunakan menjadi sebuah remote, seperti remote TV, AC, atau alat elektronik lainnya yang mendukung kendali jarak jauh. Sobat bisa menggunakannya dengan menginstal aplikasi yang bernama IR Universal Remote.


4. Melacak Nomor HP

Pasti sobat pernah berpikir untuk mengetahui lokasi orang lain, bahkan pacar sobat. Dengan menggunakan aplikasi Zenly Locator, sobat bisa melacak lokasi keberadaan orang lain dengan nomor telepon. 


Dengan aplikasi yang satu ini, tentunya sobat tidak perlu lagi curiga dan bertanya-tanya dimana lokasi mereka, dan sobat juga bisa memantau orang yang disayangi dengan mudahnya.

5. Coding

Coding ini adalah kegiatan di mana para programer berkutat dengan bahasa-bahasa komputer untuk membuat sebuah program. Buat sobat yang ingin belajar coding tanpa komputer secara otodidak, sobat bisa melakukannya menggunakan smartphone.


Bukan sekedar menciptakan sebuah aplikasi atau program untuk smartphone, coding juga bisa dilakukan kapan dan dimana saja menggunakan smartphone. Yang sobat butuhkan hanyalah sebuah aplikasi yang bernama Dcoder, Mobile Coding Platform.

6. Dijadikan Speaker Pesta

Jika sobat ingin mengadakan sebuah pesta, namun tidak memiliki speaker untuk digunakan pada acara tersebut, sobat hanya membutuhkan sebuah smartphone saja.


Caranya adalah dengan memutar musik dari berbagai smartphone secara bersamaan, sehingga di seluruh ruangan akan terdengan musik yang meriah. Untuk memutar musik secara bersamaan, sobat harus menginstal aplikasi AmpMe.

7. Menerjemahkan Bahasa

Jika sobat sedang melakukan chatting dengan orang bule, sobat bisa menerjemahkannya tanpa harus berpindah aplikasi.


Di smartphone Android sekarang, sobat bisa menerjemahkan bahasa asing dengan mudah. Dengan fitur Tap to Translate di Google Translate, sobat bisa menerjemahkan bahasa asing tanpa harus ribet-ribet berpindah aplikasi lagi.


Nah, itulah beberapa Fungsi Smartphone Yang Jarang Digunakan. Sebenarnya masih banyak lagi fungsi-fungsi yang lainnya, namun hanya inilah yang bisa saya rangkum kali ini. Jadi, sekarang sobat sudah tahu kan, kalau smartphone android tidak hanya digunakan untuk chatting dan selfie serta eksis di media sosial doang.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 00:15:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.