Cara Agar Suara Headphone Semakin Nendang Tanpa Akses Root


BLOG KOMPUTER - Musik adalah bahasa universal yang dikenal secara luas oleh semua orang. Tanpa musik, sudah dipastikan dunia ini akan hampa jika tidak adanya musik. Seiring dengan majunya teknologi, musik pun jadi bisa dinikmati kapan pun dan dimana pun melalui gadget, khususnya smartphone.


Saat menentukan musik, kualitas speaker merupakan hal pertama untuk menentukan bagaimana pengalaman kita dalam mendengarkan musik. Mau sebagus apapun musiknya, jika speaker di smartphone jelek, itu akan mengurangi kenikmatan dalam mendengarkan musik. Untuk mengakali semua itu, saya akan memberikan tips di bawah ini untuk meningkatkan kualitas speaker atau headphone di smartphone kalian.

Membuat Suara Headphone Makin Nendang Tanpa Root

Bagi sobat yang suka mengutak-atik smartphone-nya. mungkin sudah familiar dengan aplikasi Viper4Android ini. Aplikasi ini memang khusus dibuat untuk melakukan tweak pada audio smartphone sobat. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan pada Android yang sudah di Root. Jika belum di Root, maka hasilnya tidak akan terasa.

Namun, untuk melakukan tweak pada Android yang belum di Root, sobat bisa menggunakan aplikasi yang bernama Headphones Equalizer. Aplikasi ini tentunya akan melakukan tweak pada suara yang dihasilkan melalui headset atau headphone smartphone sobat. 

Pertama, download terlebih dahulu aplikasi Headphones Equalizer, dan simak caranya di bawah ini.

1. Buka aplikasi Headphones Equalizer. Lalu sobat akan diberikan pop-up yang berisi tutorialnya.


2. Klik tanda plus (+) disamping tulisan No Headphones. Tujuannya untuk menambahkan jenis headphone yang digunakan. 


3. Ikuti petunjuk yang tertera pada layar. Sobat diperintahkan untuk tidak memasangkan headphone terlalu dekat dengan telinga. Karena proses kalibrasi akan akan mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi dan perintah untuk mendekatkan lokasi headphone ke speaker smartphone. Lalu klik Continue.


4. Selanjutnya, setelah kalibrasi headphone selesai maka akan berlangsung proses Sound Adaption. Ini berguna untuk menyesuaikan pengaturan headphone dengan lingkungan dan jenis headphone yang digunakan.


5. Selama proses ini, dibutuhkan suasana lingkungan yang sepi dan tenang. Walaupun kondisinya ramai, sobat juga masih bisa melakukannya. Klik saja Continue.


6. Biarkan Headphones Equalizer melakukan proses Profiling. Tunggu hingga proses selesai, lalu klik Next.


7. Lalu akan muncul preset Equalizer yang sesuai dengan headphone yang digunakan. Sobat bisa mengubahnya atau dibiarkan saja. Pilih Next dan atur namanya.


8. Untuk bisa merasakan hasilnya, sobat harus menyalakan terlebih dahulu equalizernya. Setelah itu akan muncul di panel notifikasi tanda Headphones Equalizer aktif.


Lalu rasakanlah perbedaan kualitas suara saat menggunakan Headphone Equalizer dengan tanpa Headphone Equalizer yang aktif. Jika sobat melakukannya dengan benar, maka akan menghasilkan suara yang nendang dari jenis apapun headphone yang digunakan. Selamat mencoba!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:13:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.