Cara Cek Keaslian Smartphone Android Tanpa Harus Dibongkar


BLOG KOMPUTER - Karena merupakan sistem operasi open source, banyak vendor dengan mudah dan leluasa mengembangkan smartphone android. Dampaknya, pilihan smartphone android semakin beragam. Saking beragamnya, tidak sedikit pihak yang tidak bertanggung jawab membuat smartphone murah yang di desain sedemikian rupa hingga mirip smartphone aslinya, atau biasa disebut dengan KW alias tiruan.


Dengan desain yang dibuat serupa dengan aslinya, tentunya sobat akan mudah tergiur dengan harganya yang murah. Biasanya pihak yang tidak bertanggung jawab menjual barangnya dengan embel-embel smartphone blackmarket. Beberapa smartphone android palsu dibekali dengan spesifikasi yang jauh berbeda dengan yang aslinya.

Nah, sobat tidak mau kan untuk mengeluarkan uang tapi dapat barang palsu? Makanya, cek keaslian smartphone sobat dengan cara berikut ini.

Cara Cek Keaslian Smartphone Android

1. Download AIDA

Untuk memeriksa keaslian smartphone, sobat bisa terlebih dahulu mendownload aplikasi AIDA begitu smartphone sobat terhubung dengan internet. Setelah data di AIDA muncul, segera samakan spesifikasi yang muncul pada smartphone dengan spesifikasi resmi smartphone terkait di website resminya atau di situs terkait yang terpercaya.


DOWNLOAD: AIDA64

2. Cek Charger dengan Ampere

Tanpa harus membongkar dalaman charger, sobat bisa mengetahui keaslian charger smartphone dengan mudah. Dengan menggunakan aplikasi yang bernama Ampere, sobat bisa mengukur besaran arus yang dikeluarkan dari charger sobat. Jika ternyata arusnya sangat lemah, jelas charger-nya palsu.


DOWNLOAD: Ampere


3. Cek AnTuTu

Meski skor AnTuTu bukanlah harga mutlak dalam menentukan performa smartphone, tapi skor ini bisa dijadikan patokan untuk membandingkan keaslian smartphone. Setelah AnTuTu Benchmark terinstall di smartphone sobat, segera cari tahu skor AnTuTu smartphone yang sobat beli di internet. Pastikan angkanya tidak terpaut jauh, jika angkanya jomplang sobat wajib curiga dengan keaslian smartphone milik sobat.


Beberapa smartphone dibekali dengan Power Mode yang beragam, hal ini bisa mempengaruhi performa smartphone. Pastikan sobat menguji skor AnTuTu dengan mode yang sama yang diuji di internet.

DOWNLOAD: AnTuTu Benchmark

4. Cek IMEI


Di smartphone android, sobat bisa dengan mudah mengecek IMEI dengan masuk menu Settings > About, atau dial phone *#06#. Setelah mengetahui IMEI-nya, langsung cek lewat website http://www.imei.info/. Jika informasi yang muncul ternyata tidak sesuai dengan informasi yang seharusnya, bisa dikatakan smartphone yang sobat miliki bukan asli alias palsu.

Nah, itu tadi adalah 4 cara mudah untuk cek keaslian smartphone. Jangan sampai smartphone android yang sobat miliki adalah palsu bukan yang aslinya. Semoga bermanfaat!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:48:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.