Cara Membuat Subtitle Karaoke Menggunakan Aegisub


BLOG KOMPUTER - Pasti sobat sedang bertanya-tanya, bagaimana sih caranya membuat subtitle yang seperti berkaraoke? Dan juga untuk sobat newbie yang mungkin sedang membuat video sendiri dan ingin membuat subtitle-nya ataupun yang sedang membuat video musik dan ingin ada teks karaokenya, kebetulan sekali Blog Komputer akan membahas tentang Cara Membuat Subtitle Kara/Karaoke Menggunakan Aegisub.

Aegisub adalah aplikasi/software gratis untuk membuat sebuah teks subtitle dan tentunya dengan Aegisub ini yang ingin membuat teks subtitle akan menjadi lebih gampang dan mudah sekali untuk para Newbie. Tentunya teks Kara ini adalah Teks/subtitle bergerak dan mempunyai efek khusus agar tampilannya lebih menarik tentunya. Langsung saja, sobat bisa melihat caranya dibawah ini.


Cara Membuat Subtitle Kara/Karaoke

Pertama-tama, tentunya sobat harus mempunyai aplikasi Aegisub di PC/Laptop sobat. Jika sudah mempunyai Aegisub, bukalah aplikasi Aegisub tersebut. Tetapi, untuk yang belum mempunyai aplikasi Aegisub, sobat bisa mendownloadnya dibawah sini.


download[4]
DOWNLOAD | Aeigisub

Oke, jika sudah didownload, sobat langsung instal aplikasinya seperti biasa. Setelah selesai di instal, buka aplikasi Aegisub tadi. 

Kita akan lanjut ke cara-caranya.

1. Buka Video dengan mengklik Menu Video > Open Video > Cari Video yang disimpan > Ok.

2. Lalu keluarkan Audio pada Videonya dengan cara klik Menu Audio > Open Audio from Video. Jika didalam videonya tidak terdapat audio, sobat bisa membuka file audionya dengan cara klik Menu Audio > Open Audio file > Lalu cari deh Audio atau file musik yang ingin sobat gunakan.

3. Setalah Audionya terbuka, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah "Membuat teks/subtitle"-nya. 

Ket:
Nomor 1 adalah untuk menuliskan teks, warna huruf, ukuran huruf, jenis huruf, dan lain-lain.
Nomor 2 adalah untuk memasukkan waktu dimulainya teks/subtitle.
Nomor 3 adalah untuk memasukkan waktu berakhirnya teks/subtitle.
Nomor 4 adalah hasil kerja dari teks/subtitle yang telah dibuat.

Jika sudah selesai membuat subtitle-nya (no 1, 2, 3) lalu klik tombol ceklis. Dan hasilnya akan terlihat pada no. 4. Untuk memastikan pas atau tidaknya subtitle dengan video, sobat bisa memutar kembali videonya. Disana akan terlihat subtitlenya.

4. Saya anggap sobat sudah membuatnya.

5. Setelah itu, klik ikon Karaoke yang diberi tanda lingkaran merah. Lihat Gambar!



6. Lalu akan muncul kotak dengan subtitle yang terpotong-potong dengan garis.



7. Setelah itu, berilah efek pada teks yang terpotong-potong tadi dengan klik kanan pada gambar yang dilingkari merah, terdapat 3 efek dasar, yaitu \k, \kf, dan \ko. Efek dasar itulah yang digunakan untuk menggerakan subtitlenya. Efek \k yang sering dipakai. Tapi sobat bisa mencoba satu-persatu efeknya, mana yang sobat suka.

8. Setelah cocok, klik icon ceklis berwarna hijau yang berada disamping tulisan Time.

9. Selesai. Buat lagi subtitle yang lainnya dengan cara no 5 sampai 8.

10. Setelah semuanya selesai, save as subtitlenya. Untuk melihat terlebih dahulu subtitlenya, letakan dan samakan nama file subtitlenya dengan videonya. Bukalah video tadi, dan lihat hasilnya.

11. Jika dirasa sudah cukup, sobat bisa menggabungkan subtitle dengan videonya menggunakan aplikasi Format Factory.

Nah bagaimana, gampang bukan? Pasti gampang! Karena Aegisub hanya membutuhkan ketelitian untuk mendengarkan dan melihat waktu pada suara yang terdapat di videonya. Selamat mencoba!


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:20:00

Silahkan tulis pertanyaan, kritik, dan saran Anda di kolom komentar!
*) Komentar yang mengandung spam, link aktif, ataupun alamat blog tidak akan muncul!

Terimakasih.